Khamis, 2 Jun 2011

Teori Psikoanalisis-Sigmund Freud

Teori Psikoanalisis-Sigmund Freud



Aliran Psikoanalisis diasaskan oleh sigmund freud.Beliau merupakan doktor saraf yang dilahirkan di Vienna,Austria tahun 1856.Aliran ini memfokuskan pada jiwa manusia.kajian mental berlaku secara terselindung.kita tidak dapat melihatnya secara nyata.Sebagai contoh kajian oleh sigmund freud yang mengutarakan teori Psikoanalisis.Beliau menyatakan di dalam minda manusia terbahagi kepada 3 bahagian:

  1. minda sedar
  2. minda separa sedar
  3. minda bawah sedar

alam yang dinyatakan diatas,tidak dapat dilihat secara mata kasar tetapi kajian ini boleh diperkembangkan dan diterokai.Disini kita akan lihat pecahannya:
  • Alam sedar: dimana semua manausia sedari apa tindakan yang sedang dilakukan.mengikut pendekatan psikoanalisis alam sedar yang ada dalam diri manusia ini terlalu kecil.
  • Alam separa sedar : dimana berlakunya transisi antara alam sedar dan alam bawah sedar.cthnya:kalau kita sedang makan nasi,kita sedar perbuatan itu tetapi kita tidak berapa pasti berapa butirkah nasi yang kita makan.
  • Alam bawah sedar : dimana kebanyakan manusia mengalaminya dan jika dilhat alam ini merupakan yang paling banyak berlaku.Alam bawah sedar merupakan pengalaman yang dialami oleh manusia itu samada dari sudut persepsinya,sensainya dan segala bentuk yang tidak disedarinya. Oleh itu,cara berfikir,perasaan, pengamatan dan intuisi kita semuanya dipengaruhi oleh prose pemikiran ini.
konsep seperti id,ego dan superego diketengahkan untuk melihat personalaiti individu.Secara amnya,teori psikoanalisis merupakan pendekatan yang relevan dalam psikologi.Pada tahun 1935,Freud mengklasifikasikan fungsi otak manusia.ini dikenali sebagai teori 'iceberg' Freud:
  • Id- meruapakan dorongan biologikal.bertindak berbuat apa sahajayang mereka kehendaki.ia lebih kepada memenuhi kehendak naluri manusia.
  • Superego- Superego terbahagi kepada 2 bhgian hati nurani dan ego ideal.ia merupakan nilai moral yang menjadi pegangan setiap manusia.
  • Ego- merupakan pertimbangan antara id adan superego.Struktur personaliti yang mencari jalan dimana kehendak id dipenuhi.cth:seorang bayi kecil,lapar ia perlukan makanan,tetapi tidak tahu bagaimana untuk mendapatkan makanan.cara terbaiak adalah menangis untuk dapatkan perhatian.
pendek kata, Psikoanalisis boleh dikategorikan atau disamaertikan sebagai kaedah bagi merawat seorang individu yang mengalami gangguan emosi.Freud percaya manusia dilahirkan dengan desakan naluri semula jadi. Keperluan guru memahami teori psikoanalisis ini penting kerana matlamat psikoanalisis adalah mengatasi ketengangan perasaan.Dengan mengaplikasikan teori ini,guru dapat kurangkan stress yang dialami oleh muridnya.Tetapi Freud akui,bahawa teori ini bukanlah jalan terbaik menangani masalah individu.Ia terpulang kepada kemampuan individu itu sendiri merubahnya.Teori ini hanyalah sebagai garispanduan menacri punca maslah penyesuaian manusia.

Sigmund Freud dan Teori Psikoanalisis

Terlepas dari segala pro kontra teori ini, Psikoanalisis harus diakui sebagai bagian penting dari kekayaan dunia Psikologi modern. Dan ketika kita mulai menjelajahi “jiwa” teori ini maka kita akan menemukan bahwa teori ini tak dapat dilepaskan dari peran seorang Freud, meski sebenarnya dia bukanlah orang yang pertama mengemukakan teori kepribadian yang berkaitan dnegan alam bawah sadar ini, Melalui eksperimen panjang dan melelahkan, Freud akhirnya berhenti pada sebuah kesimpulan bahwa kehidupan individu sebagian besar dikuasai oleh alam bawah sadarnya, sehingga tingkah laku individu banyak didasari oleh hal-hal yang juga tak disadari, seperti keinginan, impuls atau dorongan. Keingan atau dorongan yang ditekan akan tetap hidup dalam alam bahwa sadar dan sewaktu-waktu akan menuntut untuk dipuaskan.

Freud mengembangkan teknik Psikoanalisis sebagai suatu metode penyembuhan penyakit kejiwaan, dan dia merumuskan teori tentang struktur pribadi manusia yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah teori psikologi yang bersangkutan dengan rasa cemas, mekanisme mempertahankan diri, rasa tertekan, sublimasi dll. Freud mungkin paling terkenal dalam hal pengusulan gagasan bahwa gairah seksual yang tertekan seringkali menjadi penyebab penting dalam hal penyakit jiwa atau neurosis. Dia juga menunjukkan bahwa gairah seksual dan nafsu seksual bermula saat masa kanak-kanak dan bukannya pada saat dewasa. 

Psikoanalisis
Psikoanalisis sampai saaat ini dianggap sebagai salah satu gerakan revolusioner di bidang psikologi yang dimulai dari satu metode penyembuhan penderita sakit mental, hingga menjelma menjadi sebuah konsepsi baru tentang manusia. Hipotesis pokok psikoanalisis menyatakan bahwa tingkah laku manusia sebagian besar ditentukan oleh motif-motif tak sadar, sehingga Freud dijuluki sebagai bapak penjelajah dan pembuat peta ketidaksadaran manusia.

Ada tiga orang yang dianggap sangat berpengaruh tehadap pemikiran Freud selanjutnya, yaitu: Franz Anton Mesmer, menemukan teori mesmerisme yang selanjutnya oleh James Braid diistilahkan sebagai hipnotisme, Philippe Pinel,yang mengubah jalan pemikiran kita terhadap penyakit mental dan bagaimana memperlakukannya, dan yang terakhir adalah Jean-Martin Charcot, yang sering dianggap sebagai bapak neurologi.

Alam Sadar, Alam Pra-Sadar dan Alam Bawah Sadar
 Dalam teori tentang alam sadar (conscious mind), Freud menjelaskan bahwa alam sadar adalah segala sesuatu yang disadari oleh manusia pada saat-saat tertentu, penginderaan langsung, ingatan, pemikiran, fantasi dan perasaan yang dimiliki manusia. Terkait dengan alam sadar ini adalah apa yang dinamakan oleh Freud sebagai alam pra-sadar, yaitu segala sesuatu yang yang dengan mudah dipanggil ke alam sadar, seperti kenangan-kenangan yang walaupun tidak Anda ingat ketika Anda berfikir, tetapi dapat dengan mudah dipanggil lagi, atau seringkali disebut sebagai “kenangan yang sudah tersedia” (available memory). Tidak ada masalah dengan dua lapisan ini, namun Freud mengatakan ahwa keduanya adalah bagian terkecil dari pikiran.

Adapun bagian terbesarnya adalah alam bawah sadar (unconscious mind). Bagian ini mencakup segala sesuatu yang sangat sulit dibawa ke alam sadar, seperti nafsu dan insting kita serta segala sesuatu yang masuk ke dalamnya karena kita tidak mampu menjangkaunya, seperti kenangan pahit atau emosi yangterkait dengan trauma. Freud berpendapat bahwa alam bawah sadar adalah sumber dari motivasi dan dorongan yang ada dalam diri kita, apakah itu hasrat yangs ederhana seperti makanan atau seks, daya-daya neurotik, atau motif yang mendorong seorang seniman atau ilmuwan berkarya. Namun anehnya, menurut Freud, kita sering terdorong untuk mengingkari atau menghalangi seluruh bentuk motif ini naik ke alam sadar. Oleh karena itu, motif-motif itu kita kenali dalam wujud samar-samar.

Konsep alam bawah sadar Freud sering didera kritik. Kalangan behavioris, humanis dan eksistensialis oercaya bahwa:
  1. Dorongan-dorongan dan persoalan-persoalan yang dikaitkan dengan alam bawha sadar ternyata lebih sedikit dari perkiraan Freud,
  2. Bahwa alam bawah sadar ternyata tidak serumit dan sekompleks yang dibayangkan Freud. Sebagian psikolog masa kini mengartikan alam bawah sadar dengan apa pun yang tidak perlu atau tidak ingin kita lihat. Bahkan ada teoritikus yang tidak menggunakan konsep alam bawah sadar ini sama sekali.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Catat Ulasan